Selasa, 01 Juni 2010

tentang hidup yang ternyata gak boleh terlalu bahagia gak boleh terlalu bersedih

kalau bicara tentang hidup, saya selalu berharap hidup saya pas, sederhana, gak berlebih, dan gak kekurangan.

tapi ada kalanya, ambisi, harapan, target serta berbagai bumbu kehidupan itu begitu menarik sehingga saya terkadang tergoda juga untuk menjadi terlalu bahagia, terlalu bersedih, terlalu galau dan terlalu diambil rasa tentang berbagai hal yang terjadi di dalam hidup saya.

dalam beberapa bulan ini saya selalu berpikir tentang kebahagiaan, bahwa kebahagian itu ternyata datang sebentar namun konstan dan datang tepat waktu. saya sendiri terkadang menikmati kebahagiaan yang sebentar itu dengan menutup mata, menarik nafas, menahannya sebentar, lalu sambil menghembuskan nafas saya melepaskan  kebahagiaan itu untuk tetap berharap ia akan datang kembali di saat yang tepat.

tetapi ada kalanya saya juga tergoda untuk menikmati kebahagiaan secara berlebihan, mencoba mengingatnya secara terus menerus, mengulangnya pada teman, dan memikirkannya untuk beberapa hari.

godaan untuk menjalani hidup dengan berlebih ternyata kini membuat saya takut dan membuat saya ragu, bahwa ternyata dibalik keharuan dan perasaaan damai, kebahagiaan membawa rasa takut yang terkadang datang begitu tiba-tiba dan begitu menyita apa yang ada di diri saya.

ketakutan filosofis yang membuat harapan dan segala hal yang positif menjadi gamang. dan mengakhirinya dengan keragu-raguan...

begitu pun dengan rasa sedih, terkadang saya sendiri begitu memaksa untuk menjadi sedih secara berlebihan, mengulangnya dalam setiap pagi, sore dan malam, memikirkanya dengan terlalu sering.

alih-alih melepaskannya untuk mengambil sebuah manfaat, kesedihan terkadang menjadi beban yang juga memberi ketakutan tersendiri, keraguan yang kalut dan membuat semuanya seperti diam di satu titik dan tidak bergerak kemana-mana.

hidup berlebihan ternyata bukan hanya tentang materi, bukan hanya tentang membeli barang yang tidak perlu, bukan hanya jajan di tempat mahal tanpa menghabiskannya.

berlebihan ternyata bisa sangat jauh dari hal yang berbau uang, berlebihan bisa saja berbentuk pikiran, perasaan dan mungkin saja harapan.

dan tentang mencoba hidup sederhana, kini mencapai sebuah hal baru lagi, karena bukan hanya tentang uang dan hal yang berbau materi tetapi juga tentang berbagai hal yang berbau rasa.




tentang hidup yang ternyata gak boleh terlalu bahagia gak boleh terlalu bersedihSocialTwist Tell-a-Friend

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

license

Creative Commons License
blog wikupedia by wikupedia is licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-Share Alike 3.0 Unported License.
Based on a work at writeaweek.blogspot.com.
Permissions beyond the scope of this license may be available at wikubaskoro@gmail.com.