Jumat, 11 Juni 2010

tentang kejadian kecil yang kemudian membuat kita berpikir tentang apa yang sedang kita jalani dan jalan apa yang akan kita hadapi di masa depan....

jika hidup itu penuh kejutan, maka terkadang kesiapan kita dalam menghadapi banyak hal selalu diuji tiap hari. terkadang hal tidak terduga itu telah siap kita hadapi. tapi terkadang juga membuat terkejut bahagia, kadang juga membuat kita merenung, nelangsa dan memberikan nuansa kegalauan yang terasa sendu sekali.
 
hidup sebagai sebuah perjalanan memang menyimpan berjuta-juta persimpangan yang bisa bertambah kapan saja, dimana saja, tanpa kita ketahui dan terkadang tanpa kita harap-harap sebelumnya. 

dari berbagai kejadian tak terduga dan penuh kejutan ini, tidak jarang pula yang merubah hidup kita, merubah cara pandang kita akan suatu hal, serta banyak kejadian kecil yang tiba-tiba merubah jalan hidup kita selanjutnya.
 
ada kalanya juga, tanpa kita sadari berbagai hal kecil yang tidak mendapat perhatian dari diri kita sendiri, menumpuk dalam alam bawah sadar kita, dalan kebun pikiran kita, dan akhirnya terpicu untuk muncul karena kejadian kecil, kejadian sederhana, kejadian tak terduga yang tiba-tiba saja ada dihadapan kita.

meski saya tidak terlalu suka dengan kejutan tapi hidup terlalu sering membuat berbagai hal yang tidak kita senangi malah muncul, demikian juga dengan berbagai hal kecil yang tiba-tiba saja mengambil porsi yang teramat besar dalam proses pemikiran akan hidup saya.

hal kecil yang menjadi pemicu akan hal besar kadang-kadang memanggil berbagai memori dalam hidup kita, menyusunnya dengan sedemikian rupa, lalu membuat semua rangkuman memori ini menjadi begitu relevan dalam kondisi masa kini, kondisi nyata yang sedang kita hadapi dan oleh karenanya menjadi semacam penjelasan paling rasional yang tidak bisa kita tolak, meski hal itu menjadi sebuah hal yang sangat tidak terduga. 

kejadian kecil, kumpulan memori yang terpanggil serta kejutan juga bisa mendasari pola pikir kita akan masa sekarang dan masa depan. kumpulan memori yang terpanggil ini menjadi sebuah jangkar yang kemudian membuat kita, bahkan kadang memaksa kita, untuk mulai berpikir, tentang jalan mana yang akan ditempuh, persimpangan mana yang akan dipilih serta dengan siapa kita akan memberikan kepercayaan untuk berjalan bersama dalam perjalanan itu.  

kejadian kecil juga kadang begitu menggoda kita untuk cepat-cepat mengambil keputusan, karena kumpulan memori yang tiba-tiba saja ada itu, memberikan semacam data yang terasa begitu lengkap dan begitu sahih untuk menjadi semacam buku pentujuk dalam memilih persimpangan yang begitu banyak dan begitu membingungkan dalam hidup ini.  

apalagi bagi sebagian orang, seperti saya, yang terlalu percaya akan detail dan kejadian kecil, kumpulan memori yang tiba-tiba itu menjadi semakin sahih dan semakin mengganggu dalam memberikan keputusan akan pilihan saat ini dan tentang masa depan, yang meskipun tampak samar-samar tapi menjadi terasa jelas secara tiba-tiba.  

kejadian kecil, memori yang terkumpul, kesahihan yang tiba-tiba datang, menjadi semacam kelengkapan akan berbagai pertanyaan dalam hidup.  

pertanyaan yang kemudian melengkapi berbagai persimpangan jalan hidup, melengkapi beribu kumpulan persimpangan dan beribu kemungkinan akan hidup yang terkadang begitu mendera. 

kejadian kecil dan tentang dera rasa, yang kemudian membuat sedikit luka...

*ralat: untuk kenyamanan membaca, beberapa kesalahan serta ketidaknyamanan pola kata saya perbaiki
tentang kejadian kecil yang kemudian membuat kita berpikir tentang apa yang sedang kita jalani dan jalan apa yang akan kita hadapi di masa depan....SocialTwist Tell-a-Friend

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

license

Creative Commons License
blog wikupedia by wikupedia is licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-Share Alike 3.0 Unported License.
Based on a work at writeaweek.blogspot.com.
Permissions beyond the scope of this license may be available at wikubaskoro@gmail.com.