Rabu, 06 Januari 2010

tentang menjadi dewasa

tulisan kali ini merupakan tulisan pertama di tahun 2010, saya kebetulan bukan tipe orang yang suka menuliskan resolusi atau semacam rangkuman perjalanan tahun lalu, saya lebih suka untuk menjalaninya saja, dan membuat semuanya mengalir begitu saja.

jadi untuk minggu ini saya ingin bercerita tentang kedewasaan.

tulisan ini berawal dari sebuah kegiatan ber-sms ria dengan salah satu teman saya, yang tiba-tiba saja bilang ke saya untuk membantu dia agar lebih dewasa.

pada awalnya saya termenung dan tidak tau harus bilang apa, sepertinya pertanyaan ini juga cukup membuat saya kaget, bukan karena saya tertohok dengan pernyataan ini tapi saya malah masuk pada sebuah pernyataan baru: sepertinya saya tidak terlalu peduli dengan apa itu kedewasaan dan bagaimana caranya mencapai kedewasaan itu.

hidup saya ternyata begitu mengalir, sampai-sampai ide tentang kedewasaan itu tidak pernah saya pikirkan, meski mungkin tanpa sadar saya sudah bergerak ke arah menjadi dewasa.

bagi saya kedewasaan bukanlah menjadi sesuatu yang menurut orang lain begini atau begitu, kedewasaan bukanlah mengikuti standar orang lain tentang kedewasaan itu sendiri.

kedewasaan terlalu kerdil jika hanya di identifikasi pada sebuah setelah kemeja, rapih, potongan rambur rapih, selana katun, rok dan blouse, atau baju terusan, stelan kantor, batik atau apapun itu yang hanya akan menjadi sebuah kondisi tampak muka.

kedewasaan sebetulnya adalah bagaimana kita menghadapi pilihan-pilihan, tentang bagaimana bersikap atas resiko dari semua pilihan dan bersikap tenang dalam menghadapi hidup ini. kedewasaan adalah tentang bagaimana mengetahui semua kondisi itu pasti akan punya resiko, kedewasaan berarti berani mengambil pilihan, meski pilihan itu sama sekali tidak populer dan mungkin tidak terbayang apa yang akan terjadi selanjutnya.

kedewasaan adalah tentang keyakinan atas pilihan diri sendiri, atas kempuan pikiran yang terus diasah seiring dengan perjalanan hidup.

kedewasaan berarti mau berpikir tentang apa yang telah, sedang dan akan dijalani di hidup ini, dan kemudian menjadikannya sebagai masukan dalam manapaki perjalanan hidup, bukan hanya bergantung pada sebuah kondisi saja, tetapi berkemampuan untuk menganalisis semua kondisi yang ada dan membuat keputusan.

menjadi dewasa berbari juga tidak terlalu ambil pusing dan terlena begitu dalam atas resiko pilihan tertentu, bagaimana pun semua pilihan adalah resiko itu sendiri, satu hal yang tidak bisa dihindari dalam hidup, diantaranya adalah resiko.

dan menjadi dewasa berarti mau melakukan pilihan dan menjalaninya dengan santai.

terus terang saya sendiri belum tau apakah saya ini telah menjadi dewasa atau belum. sepertinya menjadi dewasa itu adalah sebuah perjalanan tak bertepi, seperti juga perjalanan mencari pengetahuan itu juga tidak akan bertepi, seperti juga berbuat baik dan memberi makna dan manfaat adalah sebuah perjalanan yang tidak berujung.

sepertinya saya lebih memilih untuk menjalani saja tanpa ambil pusing, biar kalau saya pusing itu, hanya terjadi ketika saya berpikir, tapi ketika saya mengambil sebuah keputusan, yang saya lakukan adalah mencoba bersiap akan semua resiko yang ada dan menjalaninya, itu saja.

mungkin ini cara saya menuju dewasa, dan proses bagi setiap orang memang akan selalu berbeda.

satu hal yang penting dalam hidup ini adalah, jangan takut akan perubahan dan jangan takut akan sebuah resiko apapun, karena bisa jadi kedewasaan akan hadir ketika kita berani menghadapi resiko.

untuk teman saya yang mencoba menjadi dewasa, selamat berusaha, saya tau kamu pasti bisa mengambil pilihan dan berani menghadapi pilihan itu.

untuk para pembaca, semoga proses menjadi dewasa bukan menjadi proses memupuk ego dan mejadikan manusia superior, tapi menjadikan hidup ini lebih nyaman untuk dijalani.

selamat menjadi dewasa....
tentang menjadi dewasaSocialTwist Tell-a-Friend

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Menjadi dewasa bagiku adalah bijak memperlakukan takdir, berpikir tenang dalam menghadapi masalah, dan mengurangi pernyataan "mengertilah keadaanku".

_Desy Naik Sapi_

wikupedia mengatakan...

terima kasih desy, komentar yang menarik sekaligus quotes yang bagus...

saya suka bagian "bijak memperlakukan takdir"

salam kenal ya....

Posting Komentar

license

Creative Commons License
blog wikupedia by wikupedia is licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-Share Alike 3.0 Unported License.
Based on a work at writeaweek.blogspot.com.
Permissions beyond the scope of this license may be available at wikubaskoro@gmail.com.