Jumat, 18 Desember 2009

beberapa hal tentang perubahan dan kecukupan

selama dua minggu ini saya bertemu dengan berbagai hal yang lumayan tidak biasa, mulai dari pekerjaan baru, kesabaran yang harus terus diperpanjang, pelajaran tentang perubahan, jadwal up date tulisan yang gagal total, juga jetleg profesi sebagai newbie di dunai freelance menulis.

ada banyak soal yang saya pikirkan dalam 2 minggu itu, beberapa sudah selesai dan harus berlanjut, beberapa masih tetap membuat tegang tapi seru. entah kenapa dari masa dua minggu itu, tema tentang perubahan masih terus berputar di dalam otak saya, betapa bagi beberapa orang perubahan itu memang bukan sebuah pilihan.

saya juga tidak begitu mengerti apakah itu semacam ketakutan psikologis yang memang terbangun dari masa hidup yang cukup lama. atau memang perubahan bagi sebagai orang bukanlah sebuah persimpangan tapi jalan buntu.

saya sama sekali tidak suka dengan perpisahan, ini juga sudah pernah saya tulis, tapi di lain sisi saya selalu suka dengan perubahan, dan kadang perpisahan dan perubahan itu malah saling berhimpit, betapa memang hidup itu selalu punya retorika sendiri.

mulai minggu depan ada orang baru di komunitas tempat saya berkarya, terus terang saya sangat senang, very exited. entah kenapa, perubahan selalu membuat saya bersemangat, padahal, saya juga belum tau, kemana arah perubahan itu sendiri, bisa menyenangkan bisa juga tidak, tapi mengetahui adanya sebuah perubahan bagi saya ternyata cukup, dan saya sekarang mulai berlajar untuk memahami bagaimana merasakan kecukupan.

mulai minggu depan juga saya akan menghadapi sebuah perubahan yang cukup total, bisa jadi saya akan merubah perjalanan saya selama beberapa tahun ini, saya tidak tau apa yang akan terjadi setelah keputusan ini resmi nanti saya ucapkan, tapi itu tadi rasanya saya malah lebih tertarik dengan perubahan-perubahan yang terus akan terjadi dari pada melihat konsekuensi yang akan saya hadapi. jadi, meski saya adalah seorang pesimis yang selalu menelaah berbagai hal yang akan dan sedang terjadi, untuk yang satu ini rasanya saya akan mencoba menghadapi saja, tanpa harus berpikir banyak tenang berbagai hal. untuk beberapa hal, spontanitas memang seru.

selain perubahan, saya juga rasanya harus belajar tentang filosofi kecukupan, filosofi ini mirip dengan filosofi syukur yang mencoba mensyukuri berbagai hal yang ada bukan yang belum ada atau pernah ada.

filosofi kecukupan ini juga saya butuhkan untuk menyeimbangkan pola pikir pesimis dan kalau-kalau yang kadang membuat saya tidak bisa melihat bahwa untuk beberapa hal, tidak perlu mencapai hasil yang maksimal, atau berlebih, kadang-kadang untuk banyak hal segala sesuatunya hanya perlu sampai pada taraf cukup.

tulisan ini memang bukan tentang filosofi kecukupan, masih butuh waktu untuk mencerna dan melihat apa sebenarnya filosofi kecukupan itu, tulisan kali ini sebenarnya hanya sebuah perjalanan, perjalanan untuk melerai segala kemungkinan, yang saya persiapkan untuk menghadapi berbagai perubahan.

harapan saya, semoga semuanya tetap seru dan tentu saja, menyenangkan....
beberapa hal tentang perubahan dan kecukupanSocialTwist Tell-a-Friend

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

license

Creative Commons License
blog wikupedia by wikupedia is licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-Share Alike 3.0 Unported License.
Based on a work at writeaweek.blogspot.com.
Permissions beyond the scope of this license may be available at wikubaskoro@gmail.com.