Senin, 21 Desember 2009

tentang hidup yang bukan saja memberi makna tapi juga memberi manfaat

akhir minggu ini ternyata memberi makna baru bagi hidup saya, setelah selama sekitar 2 minggu seperti kehilangan minat untuk apa-apa, akhirnya sebuah momen sederhana memberi kesadaran baru bahwa hidup ini ternyata bukan hanya harus dijalani dengan memberi makna pada setiap perjalanannyatapi juga haruslah memberi manfaat.

hari sabtu kemarin, menjadi semacam sebuah pilgrimage sederhana yang ternyata memberi saya kesimpulan baru dalam menjalani harihari saya. sabtu itu saya dan teman-teman menyerahkan koin untuk ibu Prita yang telah terkumpul kurang lebih satu minggu, dan berasal dari titipan banyak teman dari bandung.

ada keharuan yang ternyata membuat saya tertegun. awalnya koin drop tobucil saya bikin tanpa bayangan akan sebanyak itu koin yang terkumpul (kira-kira sekitar 4 jutaan hitungan sangat kasar). saya hanya tergerak secara pribadi untuk membantu Prita, tapi ternyata dari hal yang sederhana itu, teman-teman tobucil, omuniuum teman-teman unpar, lalu teman-teman lain yang menitipkan koin di tobucil memberi sebuah keharuan, ternyata untuk hal yang sederhana bisa berdampak besar juga. tentu ini juga atas bantuan teman-teman di koin keadilan serta teman-teman media yang meliput koin drop tobucil sehiangga semakin banyak orang yang tau dan akhirnya menitipkan koin mereka lewat tobucil.

ada perasaan aneh yang menyenangkan ketika saya secara resmi menyerahkan koin itu pada teman-teman di jalan langsat, selain pertemanan saya yang bertambah, ternyata berbuat baik itu memang menyengakan. hampir tak ada hambatan sama sekali ketika kami mengirimkan koin itu, 2 acara yang kami jalani sebelum menyerahkan koin bisa kami lewati dengan menyenangkan juga, hanya ada satu kejadian yang tidak menenangkan kecil, yang terjadi. tapi secara garis besar semua berjalan lancar.

bahkan ketika kami subuh sampai di bandung kembali, kami memutuskan untuk pergi ke Moko, sebuah daerah di bojong koneng ke atas. tempat ini sebenernya sangt ingin saya kunjungi, bahkan sejak kuliah, tapi ternyata setelah lama, saya baru kesampaian sekarang. saya dan teman-teman menikmati sunrise di atas bukit itu, ternyata selain sunset, sunrise juga bisa menimbulkan perasahaan galau yang menyenangkan.

dengan beberapa kejadian yang terjadi tidak lebih dari dua hari ini, saya kemudian disadarkan kembali tentang makna hidup ini oleh sebuah quotes: bahwa hidup itu ternyata bukan hanya memberi makna saja tapi juga memberi manfaat.

saya tersadarkan bahwa, ternyata hidup itu bukan hanya berjalan terus tanpa arah, tanpa makna dan hanya sebuah rutinitas saja. hidup itu ternyata harus dijalanai dengan memberi manfaat bagi diri sendiri, orang lain, keluarga dan masyarakat luas. proses pengumpulan koin dan penyerahan atas nama memberi manfaat kebaikan bagi Ibu Prita adalah salah satunya.

hidupberjalan terus dan terus, ada kesusahan ada kebahagiaan. tapi kini saya menjadi semakin yakin dengan apa yang saya jalani dan menjawab beberapa pertanyaan saya tentang hidup di tulisan saya beberapa waktu yang lalu, bahwa hidup bisa dijalanai dengan sangat sederhana.

hidup itu adalah tentan memberi makna dan manfaat, itu saja. berbuat baik adalah sebauh perjalanan yang seharusnya memang dijalani dengan senang dan bahagia. mungkin saya tidak akan jadi orang sukses, terkenal, kaya dan bla bla bla. mungkin saja ternyata saya juga tidak memerulukan hal-hal semacam itu.

saya hanya perlu kesederhaanaan dalam hidup saya. saya menulis untuk mencoba memberi info untuk orang lain, saya menulis untuk mencoba memberi manfaat untuk orang lain, saya berkomunitas untuk mencoba membantu memberi ruang bagi orang lain untuk juga ikut berkembang.

hmmm...hidup itu sederhana, cuma untuk memberi makna dan berbuat baik, untuk diri sendiri, untuk keluarga dan untuk orang lain. cukup itu saja.
tentang hidup yang bukan saja memberi makna tapi juga memberi manfaatSocialTwist Tell-a-Friend

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

license

Creative Commons License
blog wikupedia by wikupedia is licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-Share Alike 3.0 Unported License.
Based on a work at writeaweek.blogspot.com.
Permissions beyond the scope of this license may be available at wikubaskoro@gmail.com.