Jumat, 18 Desember 2009

tentang detail, tentang keseharian dan tentang banyak hal, yang mungkin saya lewati begitu saja

entah kenapa, akhir-akhir ini tulisan saya berkutat dengan berbagai hal tentang kesederhanaan, entah karena terpukau oleh kebijaksanaan yang hadir dari kesunyian yang dihadirkan kesederhanaan atau karena sudah mumet dengan berbagai hal yang berhubungan dengan kerumitan, detail-detail hal kecil yang nampak sederhana itu di mata saya, berkilau dan tidak mungkin tidak saya perhatikan...

demikian juga tentang beberapa hal yang tiba-tiba menarik perhatian saya, semuanya dimulai dengan sebuah pertanyaan: seberapa jauhkah saya mengenal hal-hal kecil di sesayar saya...

jika ada yang bertanya tentang apa warna kesukaan saya, mungkin saya akan menjawab biru, kuning atau hijau atau menyebutkan beberapa warna sekaligus, tapi seberapa kenalkah saya dengan warna yang saya sukai itu, seberapa kenalkah saya dengan warna biru, dari mana asalnya warna itu, apa makna yang terkandung di dalamnya, apakah sifat-sifat yang terkandung dalam warna itu, atau seberapa tau kah saya tentang sejarah warna yang saya sukai itu...

mungkin ada juga yang bertanya pada saya tentang apa angka favorit saya, ada yang menjawab 12, ada yang menjawab 4, ada juga yang menjawab lebih dari satu kombinasi angka, tapi seberapa kenalkah saya dengan angka yang sangat saya sukai itu, sampai-sampai memakai plat nomer yang sama persis, mencari nomor telepon yang ada angka yang saya sukainya...

seberapa kenalkah saya dan seberapa tau kah saya tentang hal-hal di sekitar saya yang saya sukai, saya lihat, dan saya temui...

saya juga rasanya perlu untuk mengenal lagi angka favorit saya 4, sejauh yang saya tau ini adalah angka lahir saya, dan rasanya enak didengar, tapi sudah..itu saja, tidak lebih tidak kurang...

saya tertegun ketika menyadari, bahwa ternyata saya tidak mengenal sama sekali angka favorit saya sendiri, sebuah angka yang akan lantang saya sebutkan ketika teman, kenalan, atau orang lain menanyakan apa angka favorit saya...

saya juga ternyata tidak mengenal dengan baik warna favorit saya, biru..darimanakah asal warna itu? perpaduan dari warna apa sajakah biru itu? sampai, sifat-sifat apa saja yang bisa terkandung dari warna itu. saya hanya menyukai warna biru karena terlihat tenang, menyejukkan serta melambangkan kesunyian, tapi jauh dari itu, saya tidak mengenal sama sekali warna biru...

sebagai seseorang yang merasa sebagai orang yang sering memperhatikan detail, saya malah merasa malu, bahwa ternyata detail-detail yang dekat sekali dengan hidup saya, tidak saya kenal sama sekali...

apa jadinya jika sesuatu yang selalu saya temui setiap hari, saya sapa, saya ajak bicara, dan saya impikan setiap malam, ternyata tak bermakna apa-apa, tak berkesan apa-apa dan hanya sebagai pajangan statis

yang, jika saya maknai bukan kerena saya kenal tapi hanya harus menurut norma atau kebiasanan, yang saya maknai karena semua orang juga sama memaknai...

tapi bagaimana dengan intentsitas hubungan pribadi diri saya sendiri dengan warna yang saya suka, angka favorit saya, serta berbagai detali kehidupan yang nampak kecil lain, yang bisa jadi telah mengisi hidup saya sejak saya mengerti mana yang nampak dan mana yang tidak, sampai sekarang..

saya jadi bertanya, sejauh manakah makna dari detail dalam hidup saya bagi hidup saya secara keleseluruhan?

bisa jadi saya merasa khawatir, bahwa ternyata hidup saya ini tampak tidak bermakna, jika itu terjadi, maka saya akan jadi orang termiskin di dunia, karena ada pepatah yang saya ingat, bahwa tidak ada orang yang miskin di dunia ini, kecuali mereka yang merasa diri mereka tidak berguna..

semua manusia diciptakan berguna, tanpa harus melabeli mana yang baik-mana yang buruk, semua manusia diciptakan dengan alasan mereka masing-masing...

bisa jadi yang terpenting bukanlah apa yang orang bilang atas diri saya sendiri, tetapi bagaimana relasi saya dengan semua hal yang ada di sekitar saya serta bagaimana saya memandang makna yang terkandung dalam keseluruhan hidup saya...

adakalanya kekhawatiran melahirkan kebijaksanaan, semoga saja rasa khawatir yang hinggap dalam ini bisa membuat saya sadar, makna-makna detail keseharian hidup saya...
tentang detail, tentang keseharian dan tentang banyak hal, yang mungkin saya lewati begitu sajaSocialTwist Tell-a-Friend

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

license

Creative Commons License
blog wikupedia by wikupedia is licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-Share Alike 3.0 Unported License.
Based on a work at writeaweek.blogspot.com.
Permissions beyond the scope of this license may be available at wikubaskoro@gmail.com.